Cara Mudah Membuat Notifikasi Browser Gratis WordPress dan Blogger

Notifikasi browser blog ini merupakan salah satu teknik blogging yang dapat membuat pengunjung kembali ke blog atau website Anda karena setiap kali pengunjung membuka web browser seperti Firefox, Chrome, Safari, atau browser lainnya akan otomatis melihat notifikasi artikel terbaru blog.

Bagi anda yang menggunakan platform WordPress, ada banyak alternatif plugin WordPress yang bisa digunakan seperti OneSignal, SendPulse Free Web Push, Roost Web Push, PushEngage Browser Push Notifications, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Notifikasi Browser Blog WordPress
Membuat dan mengaktifkan notifikasi browser di blog WordPress sangat mudah dan cepat dilakukan dengan bantuan plugin.

Sebelum install plugin WordPress, sebaiknya anda buat akun PushEngage terlebih dahulu untuk mendapatkan API Key yang akan digunakan di plugin PushEngage nanti.

Silahkan kunjungi situs PushEngage.com kemudian isikan data anda pada halaman Sign Up untuk membuat akun baru PushEngage

Setelah halaman dashboard muncul, pilih sub menu Get API Key dan tekan tombol Get new Key

Copy kode API Key yang ada di kolom API_Key, pilih menu Plugin – Add New untuk menambahkan dan menginstall plugin WordPress lalu ketikkan di kolom pencarian “PushEngage Browser Push Notifications”

Tekan tombol Install – Active kemudian masukkan API Key PushEngage yang adan copy tadi.

Tidak pakai lama ‘kan?

Install plugin WordPress ini terbilang sangat mudah dan cepat.

 

Cara Membuat Notifikasi Browser Blog Blogger.com (blogspot)

Untuk anda yang menggunakan platform Blogger.com, juga dapat membuat notifikasi browser di blog blogspot dengan mudah. Hanya saja, kita tidak lagi menggunakan API Key tapi memasukkan kode javascript ke tema blogspot, tepatnya di bawah tag <head>.

Sama seperti diatas, tadi, untuk membuat notifikasi browser blogspot, anda juga harus buat akun baru di situs PushEngage terlebih dahulu.

Setelah berhasil membuat akun PushEngage, pilih menu Settings – Installation Settings.

Masukkan logo blog dengan menekan tombol Change Image. Sebaiknya, gunakan resolusi logo blog 192 x 192 px kemudian tekan tombol Update Site Settings.

Copy kode javascript yang ada di kolom “Include The Core JS Code” lalu masuk ke dashboard blog pilih menu Theme – Edit HTML.

Cari tag <head> lalu paste kode tadi di bagian bawah tag <head> atau sebelum tag </head>.

Terakhir, simpan perubahan template blog dengan menakan tombol Save theme.

Sekarang, anda sudah berhasil mengaktifkan notifikasi browser blog baik itu di platform WordPress ataupun Blogger.com. Setiap kali anda membuat artikel blog atau posting baru di blog maka semua pengunjung yang telah berlangganan notifikasi browser ini akan langsung melihatnya setiap kali membuka web browser.

Jika subscribe anda telah melebihi 2500, sebaiknya anda register ke versi pro untuk mendapatkan slot tambahan subscriber karena PushEngage hanya gratis untuk 2500 subscribe.

Sekian semoga bermanfaat !

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*