Tips 5 Langkah Cepat Membuat Presentasi Pembelajaran Menggunakan Microsoft Office PowerPoint

Dalam membuat presentasi pembelajaran menggunakan Microsoft Office PowerPoint anda hanya perlu  membuat satu bagian saja presentasi yang menarik. Selain itu anda juga harus melihat kembali data dan menyiapkan poin-poin yang akan disampaikan.

Dengan tampilan awal yang menarik siswa akan lebih menyukai pembelajaran yang anda akan sampaikan, apalagi jika anda menyisipkan gambar-gambar bergerak (gif) tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk siswa dan pembelajaran pun menjadi menyenangkan.

Berikut lima langkah cepat membuat presentasi pembelajaran menggunakan microsoft powerpoint :

  1. Gunakan Tema yang menarik – Tema-tema menarik PowerPoint yang menyediakan banyak ide bagi slide anda. Anda bisa memasukkan isian anda sendiri (copas dari artikel yang anda siapkan untuk pembelajaran) itu akan menghemat waktu ketimbang harus membuat dari awal.
  2. Manfaatkan Layout yang Sudah Disertakan – Layout-layout ini merupakan cetak biru desain slide. Kebanyakan tema mempunyai layout-layoutnya masing-masing dan sudah menyertakan placeholder khusus untuk teks, gambar, video, dan masih banyak lagi.
  3. Gunakan Kembali Elemen-elemen Kunci – Bila anda sudah membuat satu grafik yang bagus misalnya, anda bisa kopi lagi grafik tersebut ke halaman lain dan tinggal merubah data tabelnya saja, tidak perlu anda buat baru lagi.
  4. Merencanakan Isi Lebih Dulu dan Desain Kemudian – Sebelum membuka PowerPoint, putuskan dulu apa yang ingin anda sampaikan dalam presentasi. Pilihan desain dan tema akan membingungkan anda nantinya bila anda belum punya ide tentang isi presentasi. Presentasinya akan cepat dibuat kalau anda mau mendahulukan isi.
  5. Ingat, Sedikit itu Lebih Banyak – Anda tidak boleh memasukkan semua yang ingin anda sampaikan ke dalam PowerPoint. Slide itu hanya bantuan visual untuk mendukung presentasi anda.

Sekian semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuat media pembelajaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*